Minggu, 17 Juli 2011

AKTA KOMUNITAS

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamualaikum Wr. Wb.

                Sekarang ini semakin banyak perempuan muslim yang serius mempelajari atau menggeluti dunia fotografi.  Ada banyak ide dan pemikiran-pemikiran dari para muslimah tentang dunia fotografi, namun mereka belum menemukan wadah sharing untuk memperdalam dunia fotografi. Banyak alasan-alasan yang membuat para wanita muslim, khususnya di Kota Makassar ini, enggan untuk terjun di luar atau di berbagai event/acara yang diadakan oleh para fotografer yang dominan adalah seorang ikhwan (Lelaki) dengan alasan malu atau tak dianggap. Pula tidak banyak perkumpulan fotografers yang dapat menampung pemikiran-pemikiran para muslimah tadi.

                Bagaimanapun juga sebagai muslimah yang sholehah banyak batasan-batasan yang harus dijaga ketika bersinggungan dengan dunia fotografi.

                Sebagai seorang muslimah yang selalu berusaha untuk berada di koridor yang di Ridhoi Allah, banyak yang merasa hobby mereka di dunia fotografi mengalami banyak benturan. Terus terang, perbandingan fotografer ikhwan (lelaki) dan seoang muslimah sangat jauh. Wanita adalah mhakluk yang lemah, tak sanggup memikul perlengkapan fotografi atau berjalan dengan beban berkilo-kilo selama beberapa jam hanya untuk mengejar obyek yang sangat menarik. Oleh karena itu sebagai kaum minoritas, muslimah mau tidak mau harus bergabung dengan para fotografer lain jenis. Memang untungan yang di dapat seperti bertambah teman dan ilmu serta pengalaman, namun banyak juga kesulitan yang diperoleh.
Untuk itulah Komintas ini ada, kami berharap melalui komunitas ini para wanita muslimah yang menggandrungi dunia fotografi bisa bebas mengeksplore ke-kreatifitasnya tanpa merasakan ketidaknyamanan. Komunitas ini semata-mata dibentuk untuk saling berbagi ilmu, pengalaman, dan saling ingat-mengingatkan dalam kebaikan.

Juga untuk meluruskan bahwa Islam berarti damai, dan Komunitas ini ingin menunjukkan sisi positif dan keindahan lewat sebuah dunia fotografi. Semua orang menyukai keindahan dan komunitas ini ingin menjadi penghubung atas dunia Islam dan dunia fotografi. Islam adalah suatu ilmu dan fotografi adalah seni. Mari kita bersama-sama saling bantu membantu menunjukkan identitas seorang fotografer dan Model Muslimah Makassar (FM3), bahwa keindahan itu tidak harus  meninggalkan iman kita.



Salam jepret ya Akhi, ya Ukhti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar